Tentang

“Tiga fungsi utama Atelir Ceremai,

yaitu Kedai, Kerja, dan Kolektif.”

Sebagai kedai, Atelir Ceremai memiliki badan usaha yang fungsinya lebih kurang menopang keberlangsungan bermacam kegiatan kreatif dan kritis. Menu yang tersedia adalah sebagaimana umumnya kedai sederhana: minuman (panas dan dingin) dan camilan ringan.

Sebagai kerja, Atelir Ceremai merupakan ruang alternatif yang bisa difungsikan sebagaimana studio/sanggar bagi seniman dan kantor non-konvensional bagi pegawai. Atelir Ceremai menstimulasi pengunjungnya untuk merasa terlibat memperlakukan waktu senggang sebagai waktu berkarya.

Sebagai kolektif, Atelir Ceremai memiliki tim kurator pada beberapa bidang, antara lain musik, sastra, rupa, film, dan teater. Tim kurator bertindak selaku agen kultural yang mengurus program menarik sesuai bidangnya. Fungsi ketiga inilah yang akan menjadi koor dari semangat menciptakan ‘etalase portofolio’ bagi komunitas yang bergiat.

Dalam praktiknya, seluruh kegiatan di Atelir Ceremai, yang bertolak dari ketiga fungsi tersebut, ditopang dengan koleksi perpustakaan terbaik yang disesuaikan dengan 5 bidang kuratorial. Di Atelir Ceremai juga tersedia buku-buku mutakhir sebagai produk dagang yang bisa mengimbangi diskursus mutakhir di ranah kebudayaan.”

Hamzah Muhammad

KEDAI – KERJA – KOLEKTIF